BKAD Setia Gelar Sosialisasi IDM Berbasis SDGs

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Aceh Barat Daya, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Setia, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Suistanable Development Goals (SDGs) Tahun 2021, Sabtu (20/3/2021).

Kegiatan berlangsung di aula Gedung Serbaguna Gampong Cinta Makmur dan dibuka langsung secara resmi oleh Ketua BKAD Setia, Ishak Huri.

Turut hadir sebagai pemateri Tenaga Ahli (TA) Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Abdya, Suhadi SP dan Devi Meutiara SE, Sekcam Setia Syamsul Hidayat dan Kabid Pemberdayaan Gampong DPMP4 Abdya, Arief Zulfahmi serta Pendamping Desa (PD) kecamatan setempat.

Dalam sambutannya, Ketua BKAD Setia berpesan, kepada peserta agar mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan serius. Karena menurutnya, pemuktahiran data IDM itu merupakan program pemerintah pusat untuk melihat perkembangan dan status desa.

"Kepada perangkat desa, terutama Kaur Perencanaan dan Petugas Registrasi Gampong atau Petugas SIKS-NG mohon untuk mengedepankan keikhlasannya dalam bekerja membantu gampong dalam hal penginputan data," ungkap Ishak.

Sementara itu dalam paparan materinya, Kabid Pemberdayaan Gampong DPMP4 Abdya, Arief Zulfahmi menjelaskan, yang menjadi parameter pada IDM ini yaitu indeks ketahanan nasional, ketahanan ekonomi, dan ketahanan pangan lingkungan.

"Data IDM merupakan kerangka kerja pemerintah gampong dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, selain itu juga menjadi pedoman bagi gampong dalam menyusun dokumen RKPG tahun 2022," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arief Zulfahmi juga menyinggung masih ada gampong di Kecamatan Setia yang belum mengajukan permohonan pencairan APBG tahun 2021 tahap I. Dia menegaskan agar perangkat gampong untuk segera membuat dokumen pengajuan tersebut.

"Bagi gampong yang belum mengajukan pencairan APBG 2021 tahap I, kami minta agar segera mengajukan dokumen permohonan pencairan secepatnya," pintanya.

Peserta kegiatan tersebut diikuti sebanyak 18 orang peserta dari unsur pemerintah gampong se Kecamatan Setia, sedangkan materi IDM dipaparkan langsung oleh TA-TPP Abdya. (Rob's)
Share:
Komentar

Berita Terkini