BPI KPNPA RI Menduga Bupati Batu Bara Tak Serius Sukseskan Program PPKM Mikro

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Batu Bara, Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia ( BPI KPNPA RI ) kritik kerumunan yang terjadi di pantai Sejarah Desa Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara pada Minggu (14/03/2021).

Hasil pantauan Investigator dan Intelijen di lapangan, diduga kehadiran pengunjung tidak dikontrol oleh petugas yang ada di lokasi. Ini bertentangan dengan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro.

Mimi salah satu Anggota intelijen BPI KPNPA RI yang hadir memantau pada acara tersebut mengatakan, banyak terjadi pembiaran prokes Kesehatan.

" Miris ya, saya melihat tidak adanya Kepala Desa Perupuk yang seharusnya menjadi panglima dan berani dalam menegakkan PPKM berbasis Mikro memimpin langsung untuk membubarkan kerumunan yang terjadi semalam di pantai Sejarah " Ucap nya pada Reporter kami.

Menurut Direktur Investigasi & Deputy Intelijen BPI KPNPA RI Sari Darma Sembiring, SE ketika dihubungi melalui telepon seluler nya mengatakan sangat menyayangkan apa yang terjadi di pantai sejarah pada Minggu siang.

" Hasil laporan yang saya terima dari Team Investigasi dan Intelijen menunjukkan fakta by data photo dan video yang sangat kuat adanya pembiaran, banyak masyarakat yang hadir tanpa masker walaupun ada peralatan cuci tangan dan lain-lain hanya sebuah pajangan. Yang lebih fatalnya lagi petugas pengutipan Uang pembayaran Rp. 5.000,- dan petugas karcis tidak menggunakan Masker. Bahkan penjaga tukang kutip Rp. 2000/orang di jembatan yang seharusnya digunakan sesuai fungsi nya jg tidak menggunakan Maskernya hanya dijadikan aksesoris. Ini kepala Desa Perupuk juga terlihat kurang tegas untuk memimpin PPKM berbasis Mikro " ucapnya.

Ketika ditanyakan apa harapannya atas terjadi nya kerumunan Minggu siang hingga sore tadi, dirinya menyayangkan dan menduga ketidak seriusan Bupati Batu Bara Ir. Zahir Map untuk serius mensukseskan Presiden Ir. H. Joko Widodo yaitu Pemberlakuan PPKM berbasis Mikro.

" BPI KPNPA RI mengingat kan kepada Bupati Batu Bara Ir. Zahir Map Sebagai pimpinan tertinggi pemerintah kabupaten untuk segera menutup Jembatan perikanan dan wahana di pantai Sejarah maupun wahana-wahana lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan massa. Ini tidak baik karena bertentangan dengan program Presiden Ir. H. Joko Widodo yaitu PPKM berbasis Mikro. Kalo emang tidak serius saran saya baiknya Gausah Anggaran-anggaran desa ataupun yang lain terkait di-Recofusing lah, mubajir ga serius juga menerapkan nya " tegasnya. (Rel/Boim)
Share:
Komentar

Berita Terkini