KIP Abdya Gelar Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Aceh Barat Daya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021untuk Periode bulan Februari di Aula Kantor KIP setempat, Selasa (2/3/2021).

Dalam Rakor tersebut dihadiri empat komisioner KIP Abdya, Sanusi SPd (Ketua), Seliah, Martono dan Yudi Nirmansyah. Turut juga hadir dua orang komisioner Panwaslih Abdya yaitu Ilman Sahputra MSi (Ketua) dan Rismanidar MA.

Rapat yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua KIP Abdya, Sanusi SPd tersebut juga turut mengundang lintas sektor seperti perwakilan Pengadilan Negeri, Polres, Kodim, Disdukcapil, Kesbangpol, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4).

Selain itu Rakor tersebut juga diikuti oleh perwakilan Partai Politik di kabupaten setempat seperti Golkar, PKS, PAN, Nasdem, Partai Aceh, PPP dan Hanura.

Salah satu peserta dari Partai Hanura, Al Amin mengharapkan DPB harus selalu di update disetiap bulannya sehingga hak pemilih terlindungi.

"Progress DPB harus dilaksanakan dengan baik, tiap bulan harus di update seakurat mungkin, sehingga hak pemilih dapat terlindungi", ujar nya.

Harapan tersebut diperkuat lagi oleh perwakilan Partai Golkar Abdya yang mengharapkan agar KIP Abdya dapat bekerja lebih maksimal dan lebih inovatif lagi dalam melakukan penjemputan data.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Abdya, Rajul Asmar SE menyatakan tetap selalu memberikan data kependudukan seperti data kematian, data pindah atau pendatang, dan data pemilih pemula sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku guna penyempurnaan DPB.

"Kita siap memberikan data-data kependudukan seperti data kematian, data pindah/pendatang dan data pemilih pemula sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," tegas nya.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Kabupaten Abdya Ilman Sahputra MSi mengharapkan agar selalu terbangun kerjasama dan komunikasi yang baik antar stakeholder guna perbaikan DPB. Sehingga data yang disajikan selalu terupdate, bukan hanya data-data itu saja dari bulan ke bulan.

"Perlu adanya kerjasama dan komunikasi yang baik sesama stakeholder untuk penyempurnaan data sehingga DPB dari bulan ke bulan selalu terupdate, bukan hanya tetap di data bulan sebelumnya", harap Ilman.

Setelah adanya kesepahaman dan kesepakatan bersama, Rakor tersebut diakhiri dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh keempat komisioner KIP Kabupaten Aceh Barat Daya. (Robbi S)
Share:
Komentar

Berita Terkini