Musrenbang RKPD TA. 2022 Di Secara Resmi Oleh Bupati Nias Barat

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Nias Barat, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd.,MA.,MM buka secara resmi Musrenbang RKPD Kabupatèn Nias Barat Tahun Anggaran 2022 bertempat Tokosa Hall Onolimbu Lahömi yang turut dihadiri Mewakili Gubsu yakni Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provsu, Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulö, Kaban BAPPEDA Nias Barat Sabahati Gulö, S.Sos, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD/Kabag dan para Camat se-Kabupaten Nias Barat. Hadir juga sejumlah Tokoh (stakeholder), Pimpinan Lembaga/Instansi profesi dan Forkompika Kabupatèn Nias Barat.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indônèsia Raya dilanjutkan Doa oleh Drs. Filifo Daeli, MH di teruskan dengan Laporan dari Kepala Bappeda Nias Barat.

Selanjutnya sambutan Ketua DPRD Nias Barat oleh Drs. Evolut Zebua diteruskan dengan sambutan Gubernur Sumatera Utara yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provsu.

Bupati Nias Barat dalam arahan dan bimbingannya menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan salah satu tahapan yang diamanatkan UU No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional; kemudian Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah serta merupakan ruang diskusi/dialog bersama stakeholder dan para pelaku-pelaku usaha ekonomi produktif. Kemudian ruang dan kesempatan dalam menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas program dan klarifikasi program yang merupakan kewenangan daerah yang diusulkan berdasarkan Musrenbang masing-masing kecamatan, tutur Bupati.

Bupati Nias Barat menegaskan bahwa Musrenbang merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses perencanaan pembangunan. Perencanaan Pembangunan dilaksanakan dengan menggunakan lima pendekatan yaitu politik, teknokratik, partisipatif, tôp down dan bottom-up. Musrenbang ini merupakan Forum pertemuan antar pihak-pihak pemangku kepentingan dalam mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah baik provinsi maupun kabupatèn/kota, Papar Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nias Barat menyampaikan sejumlah item program yang telah terlaksana sejak beliau dan pasangannya menjabat Bupati & Wabup periode tahun 2016-2021. Adapun berbagai program yang telah terlaksana dimaksud disampaikan Bupati yakni Infrastruktur Dasar berupa jalan / jembatan, sarana dan prasarana pendidikan, pembangunan Puskesmas Rawat Inap disetiap kecamatan, pembangunan RSUD Pratama, pembangunan Pasar Rakyat. Kemudian, pemberian bantuan peralatan di berbagai sektor kepada pelaku-pelaku usaha dan pemberian Beasiswa kepada putra/i Nias Barat dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), Tutur Bupati.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd,MA,MM menyampaikan usulan langsung kepada mewakili Gubernur Sumut yakni kondisi JEMBATAN "OYO" yang sudah berumur 32 tahun dan kini sangat mengancam keselamatan pengguna jalan/jembatan tersebut; apalagi jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses yang bisa menghubungkan ke Kota Gunungsitoli; kiranya ada perhatian khusus dari Pemprovsu, harap Bupati.

Akhirnya Bupati Nias Barat memberikan penghargaan kepada Mewakili Gubsu untuk memukul Gong sebanyak delapan kali pertanda Musrenbang dibuka secara resmi. Musrenbang ini berlangsung selama dua hari berturut-turut yakni 25-26 Maret 2021. (Utema Gulo)
Share:
Komentar

Berita Terkini