Tingkatkan Sinergitas, TNI-Polri Gotong Royong Pembersihan Tao Silalahi Dairi

Editor: DORHETA author photo
Jajaran Polres Dairi, Kodim 0206/Dairi, unsur Pemerintah Kecamatan Silahisabungan, Ormas, warga Silalahi, melaksanakan kegiatan pembersihan kawasan Tao Silalahi, Sabtu (27/3/2021). (Foto: Deteksi.co/istimewa)

DETEKSI.co - Dairi, Sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Dairi, melaksanakan gotong-royong pembersihan sampah di kawasan Tao Silalahi (Danau Toba), di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu (27/3/2021).

Kegiatan dimaksud, dalam rangka meningkatkan sinergitas. Sejalan dengan itu, untuk menjaga kelestarian lingkungan Danau Toba. Pemerintah Kecamatan Silahisabungan, warga, serta unsur ormas, turut serta dalam kegiatan itu.

Demikian dikatakan Kasubbag Humas Polres Dairi Iptu Doni Saleh, kepada DETEKSI.co, Minggu (28/3/2021).

Doni menyebut, kegiatan diawali dengan apel bersama di halaman Hotel Debang Resort Silahisabungan, dipimpin Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting dan Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono.

Dalam sambutannya, Kapolres Dairi mengatakan, kawasan Danau Toba merupakan kawasan super prioritas kunjungan wisatawan, yang menjadi program nasional Presiden RI Joko Widodo.

"Kami dari Polres Dairi, sudah diperintahkan pimpinan untuk melakukan dukungan terhadap segala program nasional, agar bisa berjalan dengan lancar dan kondusif, serta bersinergi dengan pihak TNI," kata Ferio.

Terkait hal itu, dilakukan koordinasi dengan Dandim 0206/Dairi, serta unsur lain, guna mewujudkan dukungan itu dalam bentuk gotong royong bersih-bersih Danau Toba.

"Dengan bersih-bersih Danau Toba ini kita berharap dapat mendukung program pemerintah dan pariwisata di Kecamatan Silahisabungan, sehingga apa yang diharapkan agar pariwisata Danau Toba nantinya bisa menjadi super prioritas, bisa terwujud," sebut Ferio.

Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono menyampaikan senada. Disebutnya, Pangdam I/BB saat datang ke Kabupaten Dairi, juga telah mengantensi bahwa banyak program-program pemerintah baik pusat maupun daerah untuk pengembangan Danau Toba.

Menurutnya, Danau Toba yang berada di wilayah Kabupaten Dairi memiliki sisi danau paling lebar atau garis pantai paling panjang. Pangdam juga berpesan, agar jajaran TNI bisa bersinergi dengan Polri untuk mendukung program-program pemerintah dalam rangka pembenahan Danau Toba menjadi kawasan wisata super prioritas.

"Hari ini kami telah mengawali membersihkan lingkungan disekitar kawasan Danau Toba  dan kami mengajak semua komponen masyarakat, agar ikut menjaga kawasan Danau Toba ini tetap bersih," kata Adietya.

Kegiatan bersih-bersih Danau Toba, disebut akan rutin dilaksanakan dan mengajak masyarakat untuk turut serta menjaganya. Masyarakat dihimbau untuk ikut mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan perbukitan Danau Toba.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Dairi Kompol David P Silalahi, Kapolsek Sumul AKP Asian Parhusip, Danramil 02/Sumbul, Kapten ARM Lesben Situmorang, Camat Silahisabungan Hamaska Silalahi, OKP Kecamatan Silahisabungan dari Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Karya (IPK), Pemuda Batak Bersatu (PBB) dan masyarakat (RP).

Share:
Komentar

Berita Terkini