Wakil Bupati Bener Meriah Dailami Dikukuhkan Secara Adat Gayo

Editor: DORHETA author photo

Deteksi.co - Aceh Tengah, Usai dilantik oleh Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah, Dailami selaku Wakil Bupati Bener Meriah kemudian dinobatkan sebagai pemangku adat Gayo dalam acara Munek Ni Wakil Reje di Pendopo Wakil Bupati, Jumat (12/03/2022)

Pantauan dilapangan, prosesi adat Gayo Munik Ni Wakil Reje dimulai setelah melaksanakan sholat Jum'at di Pendopo Wakil Bupati langsung dilakukan oleh tokoh majelis adat Gayo dan disaksikan ribuan warga yang telah membaur bersama para pejabat di Kabupaten Bener Meriah.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi beserta istri selaku Reje Bener Meriah, Wakil Bupati Bener Meriah beserta istri Wakil Reje Bener Meriah, dan Sekretaris Daerah bersama istri di sambut dengan tari Nalo setibanya di Pendopo Wakil Bupati bertanda acara prosesi Munik Ni Reje dimulai.

Usai penyambutan, Reje, dan Wakil Reje serta sekda di tuntun untuk duduk di alas Ampang (Tikar khas adat Gayo-red) sebagai tempat duduk para raja yang sudah dilakukan turun temurun di Tanoh Gayo.

Kemudian majelis adat Gayo memakaikan Pawak dan Ketawak kepada Wakil Ni Reje Bener Meriah setelah itu, dilanjutkan dengan pemasangan Cengkarong (topi adat Gayo-red) kepada Wakil Reje Bener Meriah oleh Reje Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi.

Prosesipun digelar satu persatu hingga selesai sesuai dengan adat Gayo yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Akhir kegiatan tampak Wakil Bupati mengucapkan amanat dihadapan seluruh warga dan dilanjutkan amat Reje Bener Meriah sebagai proses akhir dari kegiatan Munik Ni Wakil Reje saat itu.(Pahmisyah Pitra).
Share:
Komentar

Berita Terkini