Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Bersama Satgas BKB Sumut Gelar Pelayanan Kesehatan Bakti Sosial

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Asahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara menggelar Pelayanan Kesehatan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing, Sunatan Massal, dan Pengobatan Massal bagi Masyarakat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Jumat (09/04/2021).

Bakti sosial tersebut dihadiri oleh 
Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara yang diketuai oleh Brigjen TNI (Purn.) dr. Harry Yusmanadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elfina br.Tarigan, MKT, para Kepala Puskesmas di Kabupaten Asahan, dan 5 tim Paramedis.

Adapun jumlah peserta pelayanan kesehatan hari ini sebanyak 246 orang dengan rincian, operasi bibir sumbing sebanyak 6 orang, sunatan massal sebanyak 100 orang, pengobatan massal sebanyak 140 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elfina br.Tarigan, MKT, menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan ini bergerak melalui program Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) yang bertujuan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan, sesuai dengan surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Nomor 3139/DINKES/II/2021 tanggal 18 Maret 2021 tentang pelaksanaan kunjungan kerja dan pengobatan gratis. 

"Salah satu fokus kegiatan pelayanan kesehatan tim Satgas BKB adalah wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan tepatnya di wilayah kerja puskesmas Kecamatan Kisaran Barat. Akan tetapi dalam pelaksanaannya yang menjadi peserta kegiatan pelayanan kesehatan hari ini berasal dari 4 Puskesmas yaitu wilayah kerja puskesmas Sidodadi Kecamatan Kisaran Barat, Puskesmas Mutiara dan Puskesmas Gambir Baru Kecamatan Kisaran Timur, serta Puskesmas Pulo Bandring Kecamatan Pulo Bandring," ucap Elfina.

Sementara itu, Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara atau dikenal BKB Sumut merupakan program yang diluncurkan Gubernur Edy Rahmayadi beberapa tahun lalu. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menganggarkan program tersebut mulai dari pelayanan kesehatan hingga pengadaan bus atau mobil operasi lapangan. Sehingga masyarakat tidak dipungut biaya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut.

"Ini merupakan salah satu Misi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yaitu mewujudkan kesehatan yang prima di Provinsi Sumatera Utara maka perlu dilakukan pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dari total 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, untuk kegiatan di Kabupaten Asahan ini merupakan titik ke-8 setelah kemarin dilaksanakan di Kabupaten Batubara," tegas Harry.

Bakti Sosial ini cukup mendapat sambutan dari masyarakat, terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan. Tentunya pelayanan Kesehatan Bakti Sosial ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Asahan.(Dek)
Share:
Komentar

Berita Terkini