Guna Mencegah Stunting, Gampong Kuta Bahagia Bentuk Rumah Desa Sehat

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Aceh Barat Daya, Pemerintah Gampong Kuta Bahagia, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan pembentukan pengurus harian Rumah Desa Sehat (RDS) atau Rumah Gizi Gampong yang berlangsung di Gedung TPA gampong setempat, Senin (5/4/2021).

Keuchik Gampong Kuta Bahagia, Muhammad Nasir, mengatakan pembentukan pengurus harian RDS tersebut dilakukan melalui musyawarah gampong.

Ia juga menjelaskan bahwa, salah satu dasar pembentukan RDS itu, selain menjadi prioritas dalam Perbup Abdya tahun 2020, juga berdasarkan PP Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi, dimana salah satu program yang dilaksanakan dalam PP tersebut adalah upaya pencegahan dan penanganan stunting atau gizi buruk di desa.

"Upaya pencegahan gizi buruk anak di gampong ini perlu melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan sekretariat bersama dalam bentuk rumah desa sehat yang ada di gampong," katanya.

Nasir juga menjelaskan, fungsi dibentuknya RDS itu, antara lain sebagai pusat pembelajaran masyarakat, ruang literasi kesehatan, pusat informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan pembangunan di gampong khususnya bidang kesehatan.

Semestinya, ungkap Nasir pembentukan RDS itu sudah dilaksanakan pada tahun 2020, akan tetapi pada akhir Desember tahun lalu pihaknya terkendala lantaran belum mendapatkan waktu yang tepat.

Adapun pengurus harian RDS Gampong Kuta Bahagia yang dipilih dan dikukuhkan dalam musyawarah tersebut diketuai oleh Rika Rahmanita, sedangkan Sumia dan Nurfisah masing-masing ditetapkan sebagai Sekretaris, dan Bendahara.

Kemudian anggotanya terdiri dari Nelvi Gusva, Nurhabibah, Yusniar, Safrina, Husnul Hayat, Jasra, Ermanita, Novalianti dan Riza Mutia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasie PMG mewakili Camat Blangpidie, Nur Atiyah SAg, Staf Kantor Camat, Dwi Novalizar, Tuha Peut, Babinkamtibmas, Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader Posbindu, Kader Pembangunan Masyarakat, Pendamping Desa dan perangkat gampong setempat. (Rob's)
Share:
Komentar

Berita Terkini