Ustazd Ridwan, SH. Aprisiasi Program Jum'at Berkah Kapolres Ateng

Editor: DORHETA author photo

Deteksi.co-Aceh Tengah, Kapolres Aceh Tengah, memiliki program Jum'at berkah membantu warga kurang beruntung, santunan berbentuk paket sembako, rehab rumah dan uang tunai, bantuan dihimpun dari zakat personil Lembaga Bhayangkara tersebut.

Program positif Kapolres Aceh Tengah, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S. IK mendapat apresiasi dari Pimpinan Rabithah Taliban Aceh (RTA), Cabang Takengon Ridwan, SH. Bakda ashar di Masjid Al-Kawakib, Kecamatan Bintang, Kamis (08/04/2021).

Ustadz Ridwan mengatakan, Banyak faktor penyebab terjadinya sebuah kejahatan atau pun tindak pidana, selain kesempatan, faktor ekonomi juga merupakan faktor paling esensial penyebab terjadinya sebuah tindak kejahatan.

"Ditambah dengan harga kebutuhan pokok cenderung terus meningkat harganya, sehingga menurunkan daya beli masyarakat berpenghasilan rendah. Diperparah dengan kondisi pandemi yang tak kunjung usai, akibatnya derita masyarakat dhuafa semakin susah."

"Pandemi covid 19 saat ini, dapat saja mendorong saudara kita, khususnya kaum duafa atau yang kurang mampu, untuk melakukan kejahatan sebut saja melakukan tindak pidana pencurian untuk memenuhi kebutuhan sehari -hari dan keperluan hari besar,"katanya.

Lanjut Ridwan SH, saya peribadi sangat  kagum dan berterimakasih kepada Kapolres Aceh Tengah, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S. IK.

"Karena memiliki program Jum'at berkah, merigankan beban kaum yang belum beruntung, santunan  dalam bentuk sembako, uang tunai dan bantuan rumah rehab, diperoleh dari zakat personil Kapolres Aceh Tengah, kami dengar dan kami lihat. Telah banyak membantu masyarakat. Dengan harapan akan ada balasan pahala dari Allah, kegiatan ini juga mengurangi tingkat kejahatan, begal, copet dan kejahatan lainya,"jelasnya.

"Karena, bagian dari hikmah zakat adalah menjaga dan membentengi harta dari penglihatan orang, jangkauan tangan-tangan pendosa dan pelaku kejahatan. Rarusullah bersabda :

 حصنوا اموالكم بالزكاة وداووا مرضاكم بالصدقة أعدوا للبلاءبالدعاء 

" Jagalah harta kalian dengan Zakat dan obatilah orang sakit kalian dengan sedekah, dan tolaklah bala dengan do'a (Hr. Thabrani)

Ditambahkannya, "Kita berharap akan banyak orang kaya dan pejabat mencontoh kegiatan ini, agar semakin banyak masyarakat terbantu, tentunta semakin berkurang pula pelaku kejahatan."

"Disamping menyisihkan bagian harta adalah hak kewajiban yang sudah Allah tetapkan, tidak engan memberikan tidak pula mengharap balasan."

Allah Berfirman : 

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian (Adz Dzaariyaat : 19).

"Kerfarduan zakat adalah Sarana paling utama untuk mengatasi kesenjangan ini merealisasikan solidaritas atau jaminan sosial dalam Islam,"tutup Ustadz pengantin baru tersebut. (Pahmi Jorong).
Share:
Komentar

Berita Terkini