Dorong Pemerataan Realisasi Investasi Setiap Daerah, BI Sumut Selenggarakan Kick Off NSI-BPC 2021

Editor: DORHETA author photo

DETEKSI.co - Medan, Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara melalui wadah North Sumatra Invest kembali menyelenggarakan kompetisi penulisan proyek investasi daerah, North Sumatra Invest Business Profile Challenge (NSI-BPC) 2021. 

Rangkaian kegiatan NSI-BPC 2021 diawali dengan kegiatan kick off, Selasa (4/5/2021), secara virtual tersebut mengundang para narasumber expertise di bidangnya, yakni Bappenas yang disampaikan oleh Sri Bagus Guritno Direktur Pengembangan Pendanaan Pembangunan dan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Andre Permana selaku Direktur Eksekutif Bisnis.

Dalam kegiatan kick off tersebut, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi turut memberikan dukungan penuh terkait pelaksanaan kegiatan NSI-BPC 2021 sebagai upaya menggali peluang proyek investasi yang ada di 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatra Utara. 

Hal ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah Daerah dalam menawarkan berbagai proyek investasi kepada investor potensial guna meningkatkan realisasi investasi menuju pemulihan ekonomi di Sumatra Utara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara Provinsi Sumut, Soekowardojo menekankan pentingnya setiap Kabupaten/Kota di Sumatra Utara memahami potensi yang dimiliki guna optimalisasi ekonomi daerah melalui sektor investasi. Hadirnya NSI-BPC 2021 diharapkan dapat mendorong pemerataan realisasi investasi setiap daerah di Sumatra Utara melalui kerja keras dalam penyediaan proyek investasi yang ready to offer kepada investor potensial.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda Provinsi Sumatra Utara Hasmirizal Lubis menjelaskan bahwa tersedianya proyek investasi di setiap Kabupaten/Kota di Sumatra Utara merupakan salah satu mimpi besar Provinsi Sumatra Utara untuk memperkuat sektor investasi, karena sektor investasi merupakan nadi penting dalam perekonomian.

Kepala Dinas PMPPTSP Provinsi Sumatra Utara menyatakan dukungannya melalui sambutan yang diberikan. NSI-BPC 2021 merupakan salah satu rangkaian kegiatan menuju/ road to forum investasi daerah NSIBF 2021 yang direncanakan akan dilaksanakan bulan Oktober 2021.

Sebagai tindak lanjut kegiatan kick off hari ini akan dilanjutkan rangkaian agenda berikutnya berupa capacity building workshop penulisan studi pendahuluan proyek investasi yang berfokus pada skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang direncanakan akan dilaksanakan pada 19-21 Mei 2021 secara luring/offline yang ditujukan kepada peserta dari masing-masing Kabupaten/Kota di Sumatra Utara.

Output yang diharapkan dari kegiatan NSI-BPC 2021 adalah setiap Kabupaten/Kota memiliki peluang potensi proyek investasi yang dibuktikan melalui dokumen studi pendahuluan proyek investasi. Sehingga dokumen studi pendahuluan tersebut dapat dikompetisikan antar Kabupaten-Kota di Sumatra Utara.

Berdasarkan dokumen studi pendahuluan proyek investasi yang diajukan oleh Kabupaten/Kota akan dilakukan penilaian oleh dewan penilai yang kompeten terdiri dari praktisi, regulator, dan akademisi untuk dipilih proyek investasi daerah terbaik melalui studi pendahuluan yang telah disusun oleh peserta dari Kabupaten/Kota.

Informasi kegiatan NSI-BPC 2021 ini dapat diakses melalui media sosial dan kanal website North Sumatra Invest (NSI) pada tautan www.northsumatrainvest.id. (Red/Van)

Share:
Komentar

Berita Terkini