Gempa Bumi Tektonik Dirasakan di Samosir

Editor: DORHETA author photo

Deteksi.co - Samosir, Dinas Kominfo Samosir menginformasikan Rab (19/5) adanya kejadian dan parameter gempa bumi,  Selasa, 18 Mei 2021 pukul 19:14:59 dan 20:12:11 WIB, wilayah Samosir diguncang gempa bumi tektonik. 

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi yang pertama ini berkekuatan M=3.5. 

Episenter terletak pada koordinat 2.62 LU dan 98.75 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Timur Samosir pada kedalaman 3 km. 

Selanjutnya gempa yang kedua berkekuatan M=2.2, epicenter terletak pada koordinat 2.62 LU dan 98.72 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km Timur Samosir pada kedalaman 1 km.

Jenis dan nekanisme gempa buminya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat dari kombinasi sesar lokal dan swarm (aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal) yang terjadi di Pulau Samosir.

Dampak gempa buminya, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Samosir II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat germpa bumi tersebut.

Gempa bumi susulan, hingga pukul 22:00:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Rekomendasi:
Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.
 
Demikian dikutip dari Kominfo Samosir yang mensharenya pada  18 Mei 2021 oleh Kepala BBMKG Wilayah I Medan
HARTANTO, ST, MM. (en)
Share:
Komentar

Berita Terkini