Ombudsman Dampingi Pemkab Tapsel

Editor: DORHETA author photo
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar
DORHETA.COM - Medan, Ombudsman RI Perwakilan Sumut melakukan pendampingan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel).

Pendampingan tersebut dijadwalkan berlangsung dua hari, 20-21 Mei 2021 di Kantor Bupati Tapsel.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, ketika dihubungi via selular, Rabu (19/05/2021) menjelaskan, pendampingan tersebut diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Tapsel. 

Pendampingan ini, jelas Abyadi,  pembekalan kepada seluruh OPD sebagai penyelenggara pelayanan publik, sehingga nantinya diharapkan seluruh OPD itu melaksanakan kewajibannya, yakni menyusun, menetapkan dan memublikasi standar pelayanan publik. 

"Jadi, pendampingan ini juga untuk mendorong kepatuhan pemerintah daerah untuk menyusun, menetapkan dan memublikasi standar pelayanan publik, sebagai acuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik," jelas Abyadi Siregar.

Menurut Abyadi, pendampingan di lingkungan Pemda Tapsel ini, sebetulnya merupakan tindaklanjut dari pendampingan yang telah dilakukan sebelumnya di Hotel Santika Medan, 28-29 April 2021. 

Ketika itu, seluruh perwakilan dari Pemda Sumut hadir sebagai peserta.

"Nah, setelah pendampingan yang dilakukan di Hotel Santika itu, ada beberapa pemda yang mengharap agar Ombudsman bisa langsung memberi penjelasan langsung kepada OPD - OPD di daerah. Seperti halnya Pemkab Tapsel," jelas Abyadi. 

Selain Tapsel, Ombudsman sudah melakukan  pendampingan yang sama di Pemko Medan, Pemkab Deliserdang, Pemkab Batubara, Pemko Siantar, Pemko Padangsidimpuan, Pemkab Humbahas dan Pemkab Samosir.

Pendampingan yang dilakukan ini, lanjut Abyadi Siregar, juga merupakan bagian dari persiapan daerah menghadapi penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik sesuai UU no 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, yang akan dilakukan Ombudsman tahun 2021 ini.

Penilaian kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik itu, dijadwalkan berlangsung Juni mendatang. 

Abyadi Siregar berharap, setelah pendampingan itu, Pemda di Sumut akan meraih predikat zona hijau dalam penilaian kepatuhan yang akan dilakukan Ombudsman RI. (en)
Share:
Komentar

Berita Terkini